Minggu, 23 September 2012

Negara Berkembang dan Maju


Negara Berkembang Arab Saudi









Batas Wilayah :
 Arab Saudi atau Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara.

Negara Arab Saudi ini berbatasan langsung (searah jarum jam dari arah utara) dengan Yordania, Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, dan Laut Merah.

Pada tanggal 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Sa'ud—dikenal juga dengan sebutan Ibnu Sa‘ud—memproklamasikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi atau Saudi Arabia (al-Mamlakah al-‘Arabiyah as-Su‘udiyah) dengan menyatukan wilayah Riyadh, Najd (Nejed), Ha-a, Asir, dan Hijaz. Abdul Aziz kemudian menjadi raja pertama pada kerajaan tersebut. Dengan demikian dapat dipahami, nama Saudi berasal dari kata nama keluarga Raja Abdul Aziz as-Sa'ud.



Penduduk Asli Arab:

Suku Badui merupakan salah satu dari suku asli di Arab. Perawakan suku Badui yang khas menyebabkan suku ini dapat langsung dikenali. Perawakannya sebagaimana ditulis dalam
buku-buku sejarah Arab: suku ini berperawakan tinggi, dengan hidung mancung. Lain halnya dengan suku pendatang yang ada di Arab, suku Badui tetap mempertahankan budaya dan cara hidup mengembara.

Negara Arab:


Negara Arab Saudi merupakan salah satu negara di Dunia Islam yang cukup strategis, terutama karena di negara tersebut terdapat Baitullah di Makkah yang menjadi pusat ibadah haji kaum Muslim seluruh dunia. Apalagi perjalanan Islam tidak bisa dilepaskan dari wilayah Arab Saudi. Sebab, di sanalah Rasulullah saw. lahir dan Islam bermula hingga menjadi peradaban besar dunia. Arab Saudi juga sering menjadi rujukan dalam dunia pendidikan Islam karena di negara tersebut terdapat beberapa universitas seperti King Abdul Aziz di Jeddah dan Ummul Qura di Makkah yang menjadi tempat belajar banyak pelajar Islam dari seluruh dunia.

Pemerintah Saudi bermula dari bagian tengah semenanjung (jazirah) Arab yakni pada tahun 1750 ketika Muhammad bin Sa’ud bersama dengan Muhammad bin Abdul Wahhab bekerja sama untuk memurnikan agama Islam yang kemudian dilanjutkan oleh Abdul Aziz Al Sa’ud atau Abdul Aziz Ibnu Su’ud dengan menyatukan seluruh wilayah Hijaz yang dulu dikuasai oleh Syarif Husain dengan Najd.

Pada tahun 1902 Abdul Aziz menguasai Riyadh dari penguasa Al-Rashid, kemudian Al-Ahsa kemudian wilayah nejed antara tahun 1913-1926. Pada tanggal 8 Januari 1926, Abdul Aziz menjadi penguasa wilayah Najd. Dengan menandatangani perjanjian di Jeddah pada tanggal 20 Mei 1927 Arab Saudi menyatakan kemerdekaannya. Pada tahun 1936 wilayah itu diresmikan sebagai Kerajaan Arab Saudi.

Mata Uang:


Mata uang arab Saudi adalah :Real



Ibu Kota Arab:





Arab Saudi atau Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara.

Negara Arab Saudi ini berbatasan langsung (searah jarum jam dari arah utara) dengan Yordania, Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, dan Laut Merah.

Pada tanggal 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Sa'ud—dikenal juga dengan sebutan Ibnu Sa‘ud—memproklamasikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi atau Saudi Arabia (al-Mamlakah al-‘Arabiyah as-Su‘udiyah) dengan menyatukan wilayah Riyadh, Najd (Nejed), Ha-a, Asir, dan Hijaz. Abdul Aziz kemudian menjadi raja pertama pada kerajaan tersebut. Dengan demikian dapat dipahami, nama Saudi berasal dari kata nama keluarga Raja Abdul Aziz as-Sa'ud .


Pusat Industri



Melakukan bisnis di Kerajaan Arab Saudi. Perdagangan luar negeri dan Investasi. Ekonomi dan Industriil cities. Oil sektor. Saudi Aramco. Dallah Albaraka. Savola Group
Strategis terletak di persimpangan perdagangan timur-barat, Arab Saudi menawarkan portal ke perekonomian global dan pintu gerbang ke pasar regional yang secara substansial melebihi pertumbuhan dunia. Ekonomi Arab Saudi menempati urutan ke-3 di dunia untuk stabilitas ekonomi makro.

Kerajaan Arab Saudi adalah sangat penting karena beberapa alasan.
- Ini adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad dan merupakan lokasi dari dua kota suci Islam, Mekkah dan Madinah.
- Arab Saudi adalah pemain utama di panggung politik daerah.
- Secara ekonomi, Arab Saudi adalah raksasa di wilayahnya dan, dengan 25% dari cadangan terbukti minyak dunia, kemungkinan akan menjadi lebih penting di masa depan.
Contoh Kursus (Bisnis di Arab Saudi):

Departemen Pusat Survei Demografi Statistik 'menempatkan penduduk Kerajaan di 20,8 juta. dari populasi nasional Saudi, 54,3% adalah laki-laki dan perempuan 45,7%. Saat ini, diperkirakan bahwa hampir separuh penduduk Saudi adalah di bawah usia 20.

Pemerintah, melalui sektor publik, memainkan peran utama dalam kegiatan industri Kerajaan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir, sektor swasta, dengan dorongan Pemerintah di bawah sistem Kerajaan usaha bebas, menjadi semakin terlibat dan bertanggung jawab untuk pengembangan industri dan diversifikasi.

Kerajaan Arab Saudi adalah marketin terbesar ekonomi bebas di Timur Tengah. Ia memperoleh 25% dari 
produk nasional bruto Arab dan memiliki cadangan minyak terbesar di dunia (25%). Arab Saudi adalah lingkungan yang paling ideal untuk proyek-proyek tergantung pada konsumsi energi karena memberikan energi untuk proyek investasi dengan harga paling tidak di tingkat global. Selain itu, ada sumber daya alam banyak di bidang pertambangan yang didukung oleh lokasi geografis Kerajaan membuat mereka akses mudah ke Eropa, pasar Asia dan Afrika. Pasar Saudi memiliki daya beli tinggi dan ekspansi terus.

Arab Saudi dan sekitarnya ekonomi MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara) telah menikmati kinerja secara substansial melebihi pertumbuhan dunia. Sementara banyak perhatian telah dibayarkan kepada kebangkitan global harga energi, sektor non-migas Arab Saudi telah menjadi sektor penting, memberikan tingkat pertumbuhan percepatan sebagai Perekonomian diversifikasi.

Didorong oleh pertumbuhan PDB yang kuat dan stabilitas makroekonomi, kepercayaan konsumen adalah jauh di atas rata-rata regional. Tumbuh kredit swasta dan pengeluaran publik meningkat pada infrastruktur dan proyek lain memberikan dasar yang luas untuk kesempatan yang kuat di Timur Tengah. Di Arab Saudi faktor-faktor ini diterjemahkan ke dalam pertumbuhan yang sangat kuat dan stabil pada permintaan domestik.


Ibu Kota Arab


Riyadh (Ar- Riyad, bahasa Arab: رياض) adalah ibu kota Arab Saudi yang terletak di kawasan Nejd. Riyadh terletak di tengah semenanjung Arabia dan dihuni oleh lebih dari 4.500.000 orang (22% populasi nasional). Luas kota ini sekitar 1.554 km².
Riyadh, Buraydah dan Al Kharj termasuk dalam pengembangan 'koridor pusat' Arab Saudi. Kawasan lain yang padat penduduknya ialah daerah pesisir — dekat Jeddah dan Mekkah di Laut Merah, dan dekat Hufur dan Dharan di Teluk Persia.
Riyadh terbagi menjadi 17 kecamatan yang dikontrol oleh kotamadya pusat Riyadh dan Otoritas Pengembangan Riyadh.
Walaupun terletak di area yang gersang, hujan kadang-kadang mengguyur Riyadh. Lima bendungan menampung air hujan. Selain itu, terdapat juga 96 sumur dan pipa sepanjang 467 km yang membawa air dari pusat desalinasi di Teluk Persia.
Kebutuhan transportasi udara di Riyadh dilayani oleh Bandara Internasional Raja Khalid.


Tokoh penting Arab





Periode Jabatan
Nama
Catatan
1761-1793
w. 1793
1793-1816
l. 17.. - w. 1816
1816-1818

1818- .... (bersamaan)

1818-April 1833 (bersamaan)
w. 1833
April 1833-1845 (bersamaan)
w. 1845
April 1833-Juli 1845 (bersamaan)
w. 1845
Juli 1845-September 1845
Sheikh Isa bin Khalid (secara tidak sah)

September 1845-Desember 1845
Sheikh Dhiyab bin `Isa (secara tidak sah)

Desember 1845-1855

1855-Mei 1909
l. 18.. - w. 1909
l. 18.. - w. 1912
l. 1881 - w. 1922
l. 1881 - w. 1926
l. 1887 - w. 1928
l. 1905 - w. 1989
l. 1918 - w. 2004
3 November 2004-sekarang
l. 1948








Jepang Negara Maju


Jepang adalah salah satu dari negara maju di kawasan asia. Perekonomian Jepang menempati peringkat kedua di dunia setelah Amerika Serikat,[62] dengan PDB nominal sekitar AS$4,5 triliun., dan perekonomian terbesar ke-3 di dunia setelah AS dan Republik Rakyat Cina dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. jepang punya industri canggih di bidang otomotif, elektronik, mesin perkakas, baja, perkapalan, industri kimia, pengolahan makanan dan logam. Tentunya benda-benda yang sering kita naikki atau kita pakai sebagian besar berasal dari negara Matahari.
menurut info dari indeks Big Mac nich, tenaga kerja di jepang adalah penerima upah kerja per jam terbesar di dunia.  Kalian tau Motor atau benda lainnya yang bermerek Honda?? pastinya tau donk. . . Honda adalah salah satu perusahaan besar di jepang,  Toyota Motor,Mitsubishi UFJ FinancialNintendoNTT DoCoMoNippon Telegraph & TelephoneCanonMatsushita Electric IndustrialHondaMitsubishi Corporation, danSumitomo Mitsui Financial juga perusahaan besar milik Jepang pada tahun 2008. Sejumlah 326 perusahaan Jepang masuk ke dalam daftar Forbes Global. 
tahu ngga, di jepang tingkat pengangguran itu sedikit sekali, yaitu hanya 4% pada tahun 2007. dan jepang masuk peringkat ke 19 dalam kategori Produktivitas Tenaga Kerja. WOOOW! hebat yah. Coba saja Indonesia seperti Jepang, Indonesia benar-benar Merdeka!! Jepang adalah penghasil kendaraan bermotor, tetapi orang-orang disana lebih senang naik kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. Salut deh sama Jepang.




a. Keadaan Alam
1) Letak dan Luas Wilayah
Seacara astronomis Jepang terletak di antara 30°LU - 47°LU dan 128°BT - 146°BT, sedangkan secara geografis terletak di kawasan Asia Timur yang terpisah dari daratan Asia.

Luas wilayah Jepang adalah 370.370 km². Wilayahnya membentang dari utara ke selatan sepanjang lebih kurang 2.400 km dan terdiri atas empat pulau utama, yaitu Pulau Hokkaido (Yesso) luasnya 78.037 km², Pulau Honshu (Hondo), Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu(36.554 km²). Honshu merupakan pulau terbesar di Jepang yang luasnya 227.414 km² dan memiliki penduduk yang paling padat. Di samping keempat pulau utama masih terdapat lebih dari 3.900 pulau lainnya.

2) Batas Wilayah
Wilayah Jepang seluruhnya dibatasi oleh perairan (laut dan samudera). Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut.
a) Sebelah utara berbatasan dengan Laut Okhotsk.
b) Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Cina Timur dan Laut Filipina.
c) Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.
d) Sebelah barat berbatasan dengan Laut Jepang dan Selat Korea.

3) Bentang Alam
Daratan Jepang pada umumnya merupakan daerah yang bergunung-gunung dengan puncak tertinggi adalah Gunung Fuji atau Fujiyama (3.778 meter). Gunung ini dianggap keramat oleh bangsa Jepang dan menjadi lambang negara Matahari Terbit.

Pegunungan di Jepang merupakan kelanjutan dari rangkaian jalur Pegunungan Sirkum Pasifik. Di Jepang terdapat lebih dari 200 gunung api dan 77 buah diantaranya masih aktif sehingga letusan gunung api dan gempa bumi biasa terjadi. Di samping itu, wilayah Jepang juga tergolong labil.

Sekitar 16% daratan Jepang merupakan dataran rendah yang dapat ditanami. Dataran rendah ini umumnya terdapat di pantai dan terpisah oleh pegunungan. Di Pulau Honshu bagian timur terdapat 3 dataran rendah yang agak luas, yaitu Dataran Rendah Kwanto, Kinki, dan Nobi. Oleh karena kondisi wilayahnya sebagai negara kepulauan dan bergunung-gunung maka sungai di Jepang pendek-pendek dan alirannya sangat deras sehingga baik untuk pembangkit tenaga listrik dan irigasi.

Pantai Jepang mempunyai banyak teluk sehingga sangat baik untuk pelabuhan alam. Danau di Jepang umumnya kecil-kecil dan yang merupakan danau terbesar adalah Danau Biwa di dekat Kyoto.

4) Iklim
Secara keseluruhan Jepang mempunyai iklim muson laut sedang. Oleh karena Jepang terletak antara garis lintang 30°LU - 47°LU maka iklim Jepang bagian selatan berlainan dengan iklim bagian utara. Di bagian utara musim dingin bersalju, sedangkan musim panasnya pendek. Curah hujannya sedang sampai lebat.

Pada bulan Desember-Januari terjaid musim dingin di bagian selatan, sedangkan di bagian utara tertutup salju. Pada bulan Juni-Juli saat musim panas bertiup angin muson tenggara sehingga Jepang bagian utara terasa sejuk, sedangkan bagian selatan panas.

Curah hujan rata-rata 1.524 mm/tahun. Suhu udara tahunan rata-rata 8°C di utara dan 17°C di selatan. Jepang sering dilanda angin taifun, sejenis badai tropis yang terjadi pada bulan September. Angin tersebut bertiup dari Samudera Pasifik melintasi bagian tenggara Pulau Honshu, Shikoku, dan Kyushu disertai gelombang pasang (tsunami) sehingga sangat membahayakan kehidupan penduduk di wilayah tersebut. Sekitar 60% daratan Jepang terdiri atas hutan. Sesuai dengan iklimnya tumbuhan alami Jepang bagian selatan adalah hutan musim, bagian tengah berupa hutan campuran, dan di bagian utara berupa hutan cemara.

b. Keadaan Penduduk
Pada pertengahan tahun 2001 jumlah penduduk Jepang adalah 127.100.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya rata-rata 0,3% setiap tahun, sedangkan kepadatan penduduknya 343 jiwa/km².

Penduduk Jepang termasuk induk bangsa Mongoloid. Penduduk aslinya adalah suku bangsa Ainu yang tinggal di Pulau Hokkaido. Sebanyak 77% dari jumlah penduduknya tinggal di kota, khususnya di daerah-daerah industri besar di bagian tenggara dan selatan Honshu serta bagian utara Kyushu.

Sebagian besar (93%) penduduk beragama Shinto yang memuja Dewa Matahari, dan sebagian lagi beragama Buddha. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Jepang dengan menggunakan huruf Kanji.

c. Kegiatan Ekonomi Penduduk
Jepang memiliki perekonomian yang mantap dan mempunyai pendapatan per kapita yang tergolong tinggi di dunia. Sektor perekonomian yang terpenting, antara lain sebagai berikut.
1) Pertanian
Walaupun Jepang merupakan negara industri maju, tetapi sektor pertanian masih sangat diperhatikan. Luas lahan pertanian di Jepang hanya 16% dari luas daratannya. Pertanian di Jepang menunjukkan hasil yang sangat memuaskan karena lahan pertaniannya terdiri atas tanah vulkanis yang subur dan dikerjakan secara intensif dan mekanis dengan menggunakan sistem hidroponik.

Adapun hasil pertaniannya adalah sebagai berikut.
a) Untuk keperluan dalam negeri, seperti padi, kentang, jagung, gandum, kacang, kedelai, dan murbei (makanan ulat sutra).
b) Untuk komoditas ekspor, seperti teh hijau, tembakau, dan bit gula, serta tanaman obat-obatan.

2) Perikanan
Usaha perikanan di Jepang sangat maju, terbukti bahwa Jepang merupakan negara penghasil dan pengekspor ikan terbesar di dunia dengan hasil rata-rata per tahun 7 juta ton ikan.

Faktor-faktor penunjang mejunya perikanan di Jepang antara lain sebagai berikut.
a) Laut di Jepang akan kaya ikan karena merupakan tempat bertemunya arus panas (Kuro sjiwo) dan aruss dingin (Oya sjiwo).
b) Menggunakan teknologi dan alat-alat penangkapan ikan yang modern.
c) Mempunyai pelabuhan-pelabuhan alami yang baik untuk dermaga perikanan.
d) Memiliki armada perikanan yang besar dengan jangkauan penangkapan ikan yang jauh dan luas.

Hasil-hasil perikanannya antara lain ikan sardin, haring, salmon, kerang mutiara, pecak, ikan tuna, ikan hiu, dan ikan paus. Hasil laut lainnya berupa rumput laut.

3) Pertambangan
Sebenarnya Jepang tidak banyak memiliki barang tambang. Beberapa barang tambang yang dihasilkan adalah batu bara, tembaga, bijih besi, timah, dan belerang. Untuk memenuhi kebutuhan industrinya, Jepang mengimpor barang-barang tambang dari luar negeri, misalnya bahan bakar minyak bumi dan gas alam yang didatangkan dari Indonesia dan negara-negara Timur Tengah.

4) Perindustrian
Sekarang Jepang menjadi negara industri terbesar ke-2 di dunia setelah Amerika Serikat. Industrinya berkembang dari industri kerajinan tangan sampai industri berat.

Faktor-faktor pendukung majunya industri di Jepang adalah sebagai berikut.
a) Tersedianya tenaga kerja yang ahli dan terampil.
b) Upah buruh relatif murah.
c) Kaya akan batu bara putih (air terjun) sebagai sumber tenaga air (PLTA).
d) Memiliki pelabuhan alam yang banyak sehingga memudahkan pengangkutan barang-barang ekspor impor.
e) Sistem penghubungan yang baik di dalam negeri, terutama dengan menggunakan kereta api.
f) Jangkauan pemasaran hasil industrinya luas meliputi dalam dan luar negeri.
g) Penduduk Jepang suka bekerja keras dan berdisiplin tinggi.
h) Tersedianya modal yang cukup.
i) Melaksanakan Politik Dumping.

Daerah-daerah industri terpenting di Jepang adalah sebagai berikut
a) Daerah industri Keihin
Daerah industri ini terletak di Dataran Kwanto sekitar Teluk Tokyo dan merupakan kawasan industri terpenting dan terluas di Jepang. Industrinya meliputi industri baja, mobil, galangan kapal, alat listrik, elektronika, tekstil, kimia, kamera, penyulingan minyak, kertas, dan percetakan. Kota industrinya adalah Tokyo, Yokohama, dan Kawasaki.
b) Daerah industri Hanshin
Daerah ini terletak di Dataran Kinki sekitar Teluk Osaka. Kota-kota industrinya adalah sebagai berikut.
(1) Osaka, kota industri tekstil terbesar di Jepang.
(2) Kyoto, kota industri kerajinan tangan, mainan anak-anak, dan industri sutra.
(3) Kobe, kota industri mobil, galangan kapal, besi baja, mesin, penyulingan minyak, kimia, dan alat-alat listrik.
c) Daerah indusri Chukyo
Daerah ini terletak di Dataran Nobi sekitar Teluk Ise. Kota-kota industrinya adalah sebagai berikut.
(1) Nagoya, kota industri pesawat terbang, elektronika, otomotif, dan kereta api.
(2) Hamamatsu, kota industri alat-alat musik.
d) Daerah indusri Kitakyushu
Daerah ini terletak di bagian utara Pulau Kyushu yang meliputi 2 kota industri
(1) Yawata, kota industri besi baja terbesar.
(2) Nagasaki, kota industri galangan kapal.

5) Perhubungan dan perdagangan
Jaringan perhubungan di Jepang sangat baik, terutama jaringan kereta api cepat yang menghubungkan semua kota-kota besar di Jepang. Tersedianya banyak pelabuhan alami sangat menunjang perhubungan laut. Kota pelabuhan yang penting adalah Yokohama, Nagasaki, dan Kobe. Bandar udara di Tokyo, yaitu Haneda dan Narita. Perusahaan penerbangannya adalah JAL (Japan Air Lines), sedangkan maskapai pelayarannya adalah Nippon Yusen Kaisha.

Perdagangan di dalam dan di luar negeri Jepang sangat ramai. Barang-barang ekspor hampir seluruhnya merupakan barang hasil industri yang membanjiri pasar-pasar di seluruh dunia. Barang-barang impornya adalah hasil-hasil tambang, bahan bakar (batu bara, minyak bumi, dan gas alam), hasil-hasil pertanian (karet, kapas, gandum, gula, kelapa sawit, dan kayu), dan kulit hewan.

d.Kebudayaan 
Dari segi kebudayaan, Jepang banyak menerima pengaruh dari China, tetapi antara keduanya tampak perbedaan yang jelas sehingga terlihat suatu ciri yang khas. Beberapa bentuk hasil budaya Jepang yang khas antara lain Chanoyu (upacara minum teh), judo juijitsu dan karate, ikebana (seni tata kebun dan merangkai bunga), Kabuki (sendratari), dan Joluri (sandiwara boneka). Selain itu, sistem nilai budaya yang baik adalah penduduk Jepang suka bekerja keras dan berdisiplin tinggi serta pantang menyerah.

Ikebana, bentuk seni tradisional Jepang
e. Bentuk Negara
Jepang adalah negara kekaisaran yang menganut sistem parlementer. Kepala negaranya bergelar kaisar atau tenno. Kaisar tidak memegang pemerintahan, tetapi pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri. Menurut kepercayaan bangsa Jepang, kaisar adalah keturunan Dewa Matahari (Dewa Amaterasu Omikami). Kekuasaan Jepang termasuk paling tua di dunia. Dinasti yang memerintah tidak pernah berganti sejak 1.500 tahun silam.

f. Bentuk Kerja Sama Jepang dengan Indonesia
Bentuk kerja sama Jepang dan Indonesia terwujud dalam bidang berikut ini.
1) Bidang politik
Kedua negara saling menempatkan duta besarnya masing-masing

2)Bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi khususnya dalam bidang berikut.
a) Perdagangan
Jepang merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang adalah minyak bumi mentah, gas alam cair, aluminium, bijih logam, besi, timah, tembaga, bauksit, kayu lapis, mebel, dan kopi. Impor Indonesia dari Jepang berupa hasil-hasil industri, seperti mesin kendaraan bermotor, peralatan mobil, barang-barang elektronika, lembaran besi baja, kapal, mesin industri, bahan-bahan kimia, dan pipa besi baja.

b) Penanaman modal (investasi)
Jepang menjadi negara investor utama bagi Indonesia, terutama di bidang industri otomotif dan elektronika. Jepang juga membantu memberikan pinjaman kredit kepada Indonesia melalui CGI (Consultative Group for Indonesia) dengan jumlah bantuan paling besar dibandingkan anggota lainnya.

3) Bidang teknologi
Jepang banyak membantu teknologi dan tenaga ahli kepada Indonesia, misalnya dalam pembuatan Bendungan Asahan, pabrik aluminium, dan pembangunan kilang minyak di Plaju.

4) Bidang pendidikan dan kebudayaan
Dalam bidang pendidikan dan kebudayaan hubungan antara Indonesia dan Jepang diantaranya sebagai berikut.
a) Di Jakarta telah dibentuk Lembaga Indonesia-Jepang yang menangani masalah peningkatan hubungan di bidang kebudayaan antara kedua negara.

b) Saling tukar-menukar pelajar dan mahasiswa antara kedua negara

Tokoh penting jepang
No
Nama
Mulai Jabatan
Akhir Jabatan
1
Ito Hirobumi (Periode ke-1)
2
3
Yamagata Aritomo (Periode ke-1)
4
Matsukata Masayoshi (Periode ke-1)

Ito Hirobumi (Periode ke-2)

Matsukata Masayoshi (Periode ke-2)

Ito Hirobumi (Periode ke-3)
5
Okuma Shigenobu (Periode ke-1)

Yamagata Aritomo (Periode ke-2)

Ito Hirobumi (Periode ke-4)
6
Katsura Taro (Periode ke-1)
7
Saionji Kinmochi (Periode ke-1)

Katsura Taro (Periode ke-2)

Saionji Kinmochi (Periode ke-1)

Katsura Taro (Periode ke-3)
8
Yamamoto Gonnohyoe (Periode ke-1)

Okuma Shigenobu (Periode ke-2)
9
10
11
12

Yamamoto Gonnohyoe (Periode ke-2)
13
14
15
Wakatsuki Reijiro (Periode ke-1)
16
17

Wakatsuki Reijiro (Periode ke-2)
18
19
20
21
22
23
Konoe Fumimaro (Periode ke-1)
24
25
26

Konoe Fumimaro (Periode ke-2)
27
28
29
30
31
32
Yoshida Shigeru (Periode ke-1)
33
34

Yoshida Shigeru (Periode ke-2)
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
Petahana

Ilmuwan Jepang

 

I

N

N samb.

S

S samb.

T


Nama          
Pelajaran      :  
Kelas           


 


0 komentar:

Poskan Komentar

InsanTV

Jupiter Z1